Cool Blue Outer Glow Pointer

Ads 468x60px

Labels

UPGRADING FOSIMMIK 2014 “FRESH DAY FOSIMMIK”

#Jaya Dengan Iman Ilmu dan Amal!! AllahuAkbar!!

MENTORING CUP 2014

#Instal Your Spirit With Mentoring

Twilight Ramadhan

Sambut Ramadhan dengan Cinta"

Ramadhan Penuh Cinta

Semangat menyambut Ramdhan dengan penuh cinta, cinta kepada Allah da Rasul-Nya

Pekan Raya Fosimmik

“Fosimmik menjadi lebih dekat dengan seluruh lapisan masyarakat. Fosimmik menjadi semakin dekat dan bersahabat. #PRF.”

Fosimmik Goes to Keluarga Hasib Ardani

Hayooo, sudah silaturahim kemana saja kita hari ini? Jangan hanya karena lebaran saja bersilaturahim yaa.

Featured Posts

Minggu, 01 Juni 2014

Kumpul Sedulur

“Kumpul Sedulur”
Temen-temen tau ga sih kumpul sedulur itu apa ? Bagi yang belum tau, mau dikasih tau gak ? Sini merapat ya, jangan pindah pandangan dari artikel ini.
Pembukaan Oleh MC
 Kumpul sedulur merupakan kegiatan yang termasuk dalam program kerja bidang kaderisasi FOSIMMIK FK Undip. Kumpul sedulur tujuannya yaitu mengajak teman-teman FOSIMMIK untuk berkumpul bersama, bermain bersama dan bertukar cerita bersama. Dengan kata lain, dengan kumpul sedulur diharapkan teman-teman FOSIMMIK dapat meningkatkan silaturahmi antar sesama, anggota FOSIMMIK semakin dekat, bersahabat dan bermanfaat serta mengembalikkan semangat para pengurus. Kumpul sedulur ini diagendakan setiap bulan sekali yang dijadwalkan pada minggu terakhir. Kumpul Sedulur sudah terlaksana sekali pada hari Kamis, 15 Mei 2014 yang dilaksanakan pada sebuah tempat yang indah yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah yang terkenal masjid utama di Jawa Tengah dengan ciri khasnya terdapat payung besar dihalaman depan masjid. Oya, kumpul sedulur bulan Mei ini memiliki nama lain lho, yaitu Gathering Fosimmik.
Anggota FOSIMMIK yang mengikuti kumpul sedulur pada saat itu terdapat sekitar 25 orang dari 70 anggota FOSIMMIK seluruhnya. Subhanaallah, beruntunglah bagi mereka yang mengikuti acara kumpul sedulur ini, karena bisa jadi orang yang mengikuti acara tersebut adalah orang-orang yang memang dipilih oleh Allah SWT. Kumpul Sedulur dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh MC terkece kita akh Dinar, yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia kumpul sedulur yaitu Hidayatul Majid dari bidang kaderisasi. Sambutan dari Ketua panitia yang berisi sepatah harapan tinggi dengan teman-teman yang mengikuti acara tersebut untuk dapat menikmati dan mengikutinya dengan seksama serta riang gembira tanpa ada paksaan suatu apapun. Selanjutnya sambutan oleh Mas’ul FOSIMMIK 2014 yang bernama Muhammad Zulfikar Maulana yang menyampaikan bahwa teman-teman yang berada diacara tersebut adalah orang yang di rido’i dan mendapatkan berkah oleh Allah SWT, patutlah semua bersyukur kepada Allah SWT.
Berada pada puncak acara yang dibuka dengan game seru yaitu game berbisik ayat Alquran. Teman-teman FOSIMMIK diminta untuk membentuk 3 kelompok dengan kelompok ikhwan 1 dan akhwat 2 kelompok. Masing-masing kelompok memiliki leader yang pertama kali untuk mengambil potongan ayat yang berada pada mangkok berisi tepung. Leader diminta mengambil potongan ayat dalam tepung dengan menggunakan mulutnya. Setelah mendapatkan potongan ayat Alquran, leader membaca dan menghafal surat tersebut yang kemudian disampaikan melalui bisikan ke teman satu kelompok yang berada didepannya. Setelah satu kelompok semua sudah mendapatkan bacaan ayatnya, giliran angggota yang paling akhir menyampaikan ayat Alquran yang didapatkan. Jika salah satu dari 3 kelompok tersebut berhasil menyampaikan ayatnya dengan lengkap maka merekalah pemenangnya. Game yang seru bukan ? Selain kita seru-seruan dengan game itu, kita juga dapat belajar lho, kita menjadi menghafal ayat Alquran tersebut bahkan bisa tahu artinya, selain itu juga menguji kekompakan kelompok kita.
Acara selanjutnya yaitu game tabak gerakan. Wah gimana tuh game nya ? penasaran kan penasaran ?  Gamenya itu begini, temen-temen FOSIMMIK masih pada kelompok yang tadi, lalu ada satu leader yang maju untuk memperagakan gerakan dengan konten yang diberikan oleh panitia. Kelompok yang paling cepat menjawab semua gerakan dari soal-soal yang ada maka dialah yang memenangkan gamenya. Perlu diketahui juga, ternyata yang memenangkan adalah kelompok dua akhwat, sehingga mereka mendapatkan bingkisan makanan yang super banyak. Alhamdulillah yah… Langsung dibuka itu makanan dan tetap saja menjadi hadiah bersama, dibagikan ke semua teman-teman. Hohoho….
Akhir acara kumpul sedulur, ada sesi rujak party loh teman-teman. Ngerujak dengan 3 buah, yaitu buah jambu air, papaya dan mangga. Sambel rujaknya pun super enak buatan dari akhwat-akhwat FOSIMMIK. Subahaallah ya, calon ibu. Setelah berparty-party ria dengan sambal rujak yang membuat bibir merah dan perut panas, tiba saatnya penutupan acara kumpul sedulur. Kumpul sedulur ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Mas’ul FOSIMMIK kita yaitu akh Zulfikar. Gembira yang dirasakan bersama dalam acara kumpul sedulur ini semoga tetap membekas dihati, semoga bisa bermanfaat, dan menenangkan teman-teman FOSIMMIK yang pada saat itu padat-padatnya tugas atau ujian. Selalu yang menjadi harapan semua, FOSIMMIK semakin dekat dan bermanfaat. FOSIMMIK Jaya dengan Iman, Ilmu dan Amal. Allahhuakbar !  Sampai bertemu lagi di Kumpul Sedulur selanjutnya, tunggu cerita gembira kami yang lain yah...
Peserta Akhwat

Peserta Ikhwan

Reward Games


Senin, 31 Maret 2014

UPGRADING FOSIMMIK 2014 “FRESH DAY FOSIMMIK”



Assalamu’alaikum wr.wb akhwan dan ukhti sekalian....
Alhamdulillah,, FOSIMMIK pada Sabtu dan Minggu 22-23 Maret 2014 kemarin telah sukses menyelenggarakan  acara Upgrading yang insyaAllah bermanfaat bagi semua pengurus Fosimmik 2014.



Upgrading Fosimmik diselenggarakan oleh bidang kaderisasi Fosimmik 2014, upgrading diselenggarakan di tempat yang begitu asri dan begitu dekat dengan alam. Candrabirawa-Ungaran menjadi saksi bisu bahwa acara upgrading Fosimmik sukses diselenggarakan.  Acara upgrading ini diselenggarakan dengan tujuan agar semua pengurus pengurus Fosimmik 2014 selalu menjaga silaturahminya. Adapun tujuan lainnya dari diadakannya upgrading ini yaitu untuk mengembalikan semangat para pengurus Fosimmik dalam menjalankan amanah dan senantiasa menjaga silaturahmi antar pengurus. 

Sabtu,22 Maret 2014 pukul 13.00 para pengurus Fosimmik berangkat dari Masjid Kampus menuju Candrabirawa-Ungaran. Para peserta Upgrading sebagian ada yang berangkat menggunakan kendaraan sepeda motor dan sebagian lagi menggunakan mobil. Sesampainya di Candrabirawa-Ungaran para peserta Upgrading bersegera mendirikan tenda untuk masing-masing bidang. Ada 8 tenda untuk akhwat dan satu tenda untuk ikhwan.  Selesainya mendirikan tenda para peserta upgrading dengan antusias mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh panitia upgrading. Rangkaian acara upgrading itu sendiri dimulai dari pemberian materi dengan tema dakwah kampus yang disampaikan oleh Rizal Pramudiarta. Para peserta begitu semangat mengikuti nya, pada malam hari acara api unggun menjadi acara yang cukup berkesan bagi para peserta upgrading. Setelah api unggung acara kemudian dilanjutkan yaitu muhasabah. 

Keesokan harinya, rangkaian acara masih berlanjut. Pagi hari seusai salat shubuh dan bersih-bersih para peserta upgrading mengikuti games yang telah dipersiapkan oleh panitia. Para peserta upgrading begitu bersemangat dan antusias. Setelah games selesai  kemudian dilanjutkan ke lomba memasak antar bidang. Acara ini menjadi daya tarik tersendiri. Dimana pada saat lomba,setiap bidang harus memasak makanan dengan kreasi kelompok sendiri namun dengan bahan utama yang telah ditentukan yaitu tahu dan tempe.  Semua peserta upgrading dengan semangat mengikuti acara ini. Kekompakan menjadi kunci dari suksesnya perlombaan ini. 

Jadi,begitu banyak manfaat yang didapat dari diselenggarakannya acara ini. Para peserta diharapkan selalu kompak,selalu menjaga tali silaturahmi,menjaga hubungan kekeluargaan,mampu mengemban amanah dengan baik serta selalu pada satu tujuan yaitu dakwah dalam menyebarkan agama islam.

Mendirikan tenda
Penyampaian materi


Games
Lomba masak

 

Jumat, 14 Maret 2014

MENTORING CUP 2014


Assalamualaikum, akhwan dan ukhti sekalian. . .
Alhamdulillah yah, kemarin pada tanggal 8 Maret 2014 telah dilaksanakan acara yang InsyaAllah bermanfaat bagi warga PSIK khususnya angkatan 2013 nih. Gimana kok bisa dikatain bermanfaat yah. . . .?
 
Iya tentu saja bermanfaat karena acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu di belakang gedung Prof. Soedarto ini memiliki susunan acara yang InsyaAllah member informasi terutama tentang urgensi mentoring. Akh Migdadlah yang menyampaikan materinya, wakil ketua BEM Undip ini membagi ilmu dan pengalamannya tentang mentoring dan pandangannya menyangkut pentingnya mentoring. Para peserta pun juga mengikuti materi yang dibawakan dengan seksama dan dengan respon yang baik melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk Akh Migdad. Sebelum Akh Migdad member materi, mas’ul kita Akh Zulfikar telah memberikan sambutannya diikuti pengumuman pemberian penghargaan untuk para pementor dan mentee terbaik. Pementor terbaik adalah Akh Mukhtar dan mentee terbaik adalah Akh Maulana (ikhwan), untuk akhwat sendiri Ukh Evi sebagai pementor terbaik dan Ukh Mita sebagai mentee terbaik.

Kegiatan lain adalah lomba-lomba yang telah disusun oleh panitia seperti lomba menggambar dan membuat puisi yang bertema mentoring dan tilawah serta kreasi hijab yang menghebohkan bagi para ukhti. Perlombaan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar peserta.

Sepanjang acara, teman-teman begitu bersemangat dan bergembira mengikuti kegiatan-kegiatannya. Selain karena acaranya, suasana yang sejuk dan dedaunan yang berguguran membuat suasana semakin aseeek.

Rabu, 22 Januari 2014

Fosimmik Sukses Adakan Ujian Mentoring 2013

Fosimmik Undip (24/12/2013), Sukses menyelenggarakan ujian mentoring. Ujian mentoring yang diselenggarakan oleh departemen Mentoring Fosimmik 2013 ini dilaksanakan di Rk. 3E dan 3F gdg. PSIK FK UNDIP. Ujian ini merupakan ujian yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progress mentee selama mengikuti kegiatan mentoring.
Ujian yang dilaksanakan selama 30 menit ini diikuti oleh seluruh mahasiswa muslim dari angkatan 2013. Ujian ini dibagi atas 2 sesi, sesi 1 untuk kelas A13.2 dan sesi 2 untuk kelas A13.1. Untuk sesi 1 dimulai pukul 10.05 WIB dan berakhir hingga pukul 10.35 WIB dan dilanjutkan untuk sesi 2 dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Ujian terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Ujian mentoring ini sekaligus sebagai bahan evaluasi keberjalanan proses mentoring selama 1 semester ini.

Ujian mentoring yang dilakukan rutin setiap setahun sekali oleh departement mentoring fosimmik ini disambut antusias oleh peserta. Peserta menyatakan sudah menyiapkan semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian mentoring ini, walaupun sebelumnya mereka juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian mata kuliah yang lain. Kegiatan mentoring yang bernilai 1 sks ini menjadi bagian penting bagi mahasiswa muslim PSIK, karena tidak hanya menunjang nilai mata kuliah agama Islam, tetapi juga sebagai carakter building bagi mereka. *sm
-Dept. Mentoring13-

Senin, 13 Januari 2014

Memperingati MAULID NABI MUHAMMAD

Assalamualaikum Ya Akhi Ya Ukhti....... ;)

Apa kabar hari ini ya saudara semua..... semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan Amien....
Ngomong- ngomong, ada yang tahu gak ya dari suadara semua Hari ini  kita akan merayakan sesuatu yang sangat luar biasa..... eeeiiiits pasti dibenak saudara – saudara adalah hal yang mengarah pada senang- senang dan tanpa tujuan yang jelas..... J
            Yuuk kita lihat sama – sama ada apa..... tereeengg!!!! Hari MAULID NABI MUHAMMAD SAW,,,,  Jatuh pada tanggal 14 januari 2014. Kita sebagai umat Islam wajib mencintai dan memuliakan beliau  karena beliau adalah Nabi kita kekasih Allah Ya saudara – saudara, ingat lo mencintai Allah adalah salah satu pondasi  iman kita kepada Allah.
Balik lagi, hari Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Kata milad atau maulid dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Beliau lahir pada 12 Rabiul Awal untuk tahun Hijriyah, atau 20 April 571 M untuk tahun Masehi.
Yuk, kita merayakan Maulid Nabi dengan membaca sejarah nabi, yang ada pada kitab Barzanji dan kitab Burdah. Kita ramaikan peringatan Maulid Nabi dengan lantunan – lantunan syair kitab maulid agar dihati kita senantiasa tentram,  menghormati  serta memuliakan Nabi. Kita ingat betapa dulu perjuangaan Nabi, begitu gigih dan penuh dengan cobaan penderitaan dalam menyebarkan agama Islam diantara kaumnya. Patut dan harus kita syukuri saat ini, kita sudah hidup di zaman yang terang, jauh dari zaman jahiliyah. Bahkan, saudara semua ingat disaat Rasul mendekati ajalnya, yang ia pikirkan tidaklah dirinya, ataupun keluarganya, namun siapa??? Ummati, Ummati,, iyaah Umatku , Umatku bagaimana dengan umat Rasul selanjutnya sepeninggal beliau. Beliau takut nantinya umatnya akan kembali kedalam jalan yang tidak benar. Subhanaallah kan saudara – saudara, makanya muliakanlah Rasulmu,,, Takbir Allahu Akbar !!!!
Ini adalah dalil untuk memuliakan Rasul :
إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً

"Sesungguhnya Allah dan para Malaikat Allah memberikan penghormatan kepada Nabi Muhammad.Wahai orang-orang yang beriman, hormati, muliakanlah dan doakan keselamatan atasnya sungguh-sunguh".(Q.S. alAhzab :56)
Gembira terhadap Rasulullah S.A.W. adalah perintah AI-Quran. Allah S.W.T. berfirman  :“Katakanlah, ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira’.” ( Surah Yunus: 58).
Mari kita rayakan Maulid Nabi dengan bersolawat membaca sejarah Nabi di Barzanji dan Alburdah J Takbir Allahu Akbar!!!
Wassalamualaikum wr.wb.
Salam Hangat,

FOSIMMIK 2014